Selasa, 20 Januari 2015

Australia Akan Ambil Aksi Diplomatik Jika Indonesia Hukum Mati Warganya



Dua warga Australia yang merupakan anggota kelompok yang disebut Bali Nine atau Bali Sembilan ditahan pada 2005 karena dakwaan menyelundupkan heroin ke Australia.
Menteri Luar Negeri Julie Bishop dalam sidang umum PBB di New York. (Foto: Dok)
WARA - Australia dapat menarik duta besarnya untuk Indonesia jika pemerintah mengeksekusi dua warga negara Australia yang didakwa mengedarkan narkoba, ujar Menteri Luar Negeri Julie Bishop, Senin (19/1), membuat hubungan yang rentan antara kedua negara semakin rapuh.

Brazil dan Belanda telah menarik duta besarnya dari Indonesia setelah dua warga negaranya termasuk dari enam orang yang dieksekusi karena kasus narkoba pada akhir peka kemarin.

Australia telah mengupayakan pengampunan untuk dua warganya yang merupakan anggota kelompok yang disebut Bali Nine atau Bali Sembilan, yang ditahan pada 2005 karena dakwaan menyelundupkan heroin ke Australia, namun Bishop mengatakan pemerintah Indonesia selama ini tidak reseptif terhadap permintaan tersebut.

Saat ditanya apakah Australia akan mengikuti langkah Brazil dan Belanda dalam menarik duta-duta besarnya dari Jakarta jika eksekusi dua anggota Bali Nine tetap berlangsung, Bishop mengatakan ia akan mempertimbangkannya.

"Saya tidak akan... berspekulasi mengenai apa yang akan terjadi seandainya pemerintah Indonesia meneruskan ancamannya untuk mengeksekusi warga-warga Australia. Apa yang akan terus kami lakukan pada titik ini adalah membuat representasi di mana kami bisa, bagaimana kami bisa," ujarnya pada Sky News.

Warga-warga Vietnam, Nigeria dan Malawi juga termasuk dari lima orang asing dan satu warga Indonesia yang dieksekusi akhir pekan kemarin.

Tidak jelas kapan eksekusi-eksekusi para anggota Bali Nine berlangsung, atau apakah Indonesia akan menunda putaran eksekusi berikutnya. Indonesia melakukan eksekusi lagi pada 2013 setelah jeda lima tahun.

Kasus Bali Nine, yang didakwa bersalah karena mencoba menyelundupkan lebih dari 8 kilogram heroin, memiliki gema besar sebagai isu politik domestik di Australia.

Bali adalah tujuan wisata populer bagi warga-warga Australia, yang secara luas menolak hukuman matik, terutama dalam kasus yang melibatkan anak-anak muda yang dianggap telah melakukan kesalahan masa muda yang tragis. (Reuters)

1 komentar:

  1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085_260_482_111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK_GHOB_2D_3D_4D_6D_DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085_260_482_111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK_GHOB_2D_3D_4D_6D DISINI

    BalasHapus